web log free Fungsi, sistem kerja dan Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak - Financi

Fungsi, sistem kerja dan Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Apa itu kartu kredit? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas dalam benak kamu. Di era yang serba modern ini, hampir setiap orang ingin pola hidup yang lebih praktis dan cepat. Nah, kartu kredit ini sebenarnya bisa membuat hidupmu lebih simple. Apakah kamu punya niatan untuk membuat kartu kredit? Sebelum itu, simak dulu penjelasan lengkap berikut.

kartu kredit

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami betul apa itu kartu kredit. Secara umum, kartu kredit bisa diartikan sebagai alat pembayaran resmi yang dikeluarkan oleh pihak bank kepada para nasabahnya. Alat pembayaran ini menjadi salah satu fasilitas dari bank tersebut. Nah, untuk menggunakan kartu kredit ini, pihak bank juga mempunyai aturan sendiri. Ada hak dan kewajiban yang harus ditunaikan oleh kedua pihak (nasabah dan juga bank).

Fungsi Utama Kartu Kredit

Sebagai alat pembayaran, kartu kredit mempunyai batas atau limit penggunaan sesuai yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Dengan begitu, nasabah bisa menggunakan kartu tersebut untuk melakukan banyak sekali transaksi keuangan, baik pembelanjaan maupun penarikan uang tunai di mesin ATM dalam jumlah yang telah ditentukan.

Lalu, selain kedua fungsi utama tersebut, kartu kredit juga disertai dengan berbagai macam fungsi lain. Ada banyak penawaran menarik dari pihak bank sebagai bentuk promosi untuk kartu kredit. Promosi tersebut bertujuan untuk menarik perhatian para nasabah. Bank juga perlu melakukan promosi sebab persaingan kartu kredit semakin ketat.

Sistem Kerja Kartu Kredit

Sama seperti yang sudah kita ketahui bersama, ketika menggunakan kartu kredit, kamu tidak menggunakan dana milik sendiri. Artinya, pihak banklah yang membayarkan terlebih dulu penggunaan dana tersebut. Otomatis dana tersebut pun menjadi utang nasabah kepada pihak bank. Selanjutnya, semua dana terutang tersebut akan ditagihkan lagi kepada nasabah dalam bentuk tagihan bulanan.

Lalu, apabila tagihan tersebut tidak dibayarkan oleh nasabah, bank pun sudah punya antisipasinya sendiri. Nasabah akan dikenakan sejumlah bunga serta biaya keterlambatan. Itu merupakan konsekuensi atas pembayaran tagihan yang tidak tepat waktu atau tidak penuh.

Hal ini menjadi cara kerja umum sebuah kartu kredit. Tiap bank mungkin punya aturannya sendiri. Tak hanya memahami apa itu kartu kredit, kamu juga wajib paham tentang cara kerja kartu kredit yang dikeluarkan oleh sebuah bank.

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Saking mudahnya menggunakan kartu kredit untuk pembayaran, terkadang kamu jadi lupa diri. Kamu membelanjakan barang apa pun, entah itu butuh atau tidak. Kartu kredit memang sering sekali membuat kita lupa diri. Akan tetapi, kamu harus ingat bahwa tagihan bulananmu akan membengkak jika kamu tidak bijak menggunakan kartu kredit.

Hal utama yang harus kamu ingat adalah cara menggunakan kartu kredit harus bijak. Mengingat ada biaya bunga juga biaya lainnya, kamu seharusnya berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit. Jangan sampai kartu kredit yang awalnya bertujuan untuk memudahkan, justru membuatmu kewalahan di akhir. Nanti, kamu sendiri yang akan menyesal.

Nah, untuk menggunakan kartu kredit secara bijak, kamu bisa menggunakan berbagai cara berikut, di antaranya batasi jumlahnya, susun daftar belanja sebelum berbelanja, dan hindari penarikan tunai. Cara-cara sederhana ini bisa sedikit membantu mengurangi pemborosan dalam menggunakan kartu kredit.

Demikian adalah penjelasan singkat tentang apa itu kartu kredit dan cara kerjanya. Setelah memahami hal dasar tentang kartu kredit, kamu bisa memutuskan sendiri apakah memerlukan kartu ini atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat!

Deskripsi: Penasaran apa itu kartu kredit? Sebelum memutuskan untuk membuat kartu kredit, sebaiknya kamu pahami dulu tentang kartu kredit, fungsi, sistem kerja dan cara kerjanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *