web log free Reksadana Syariah: Investasi Halal?
Reksadana syariah

Reksadana syariah

Apakah halal bagi seorang muslim untuk berinvestasi dalam reksa dana dan pangsa pasar? Saham dan reksadana memang halal selama perusahaan yang mendasari atau konstituen dana tidak melanggar prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh dewan syariah islam. Reksadana syariah sama seperti investasi reksa dana lainnya, tetapi satu-satunya perbedaan adalah reksa dana tersebut berdasarkan pada hukum syariah. Yang berarti reksa dana tersebut dipandu oleh prinsip-prinsip hukum Islam. 

Investasi etis dan bertanggung jawab bukanlah konsep asing. Secara global, investor menunjukkan minat tinggi pada investasi yang mencakup beragam pilihan etis. Mulai dari berinvestasi di bisnis yang paling sedikit menimbulkan kerusakan lingkungan hingga yang melindungi hak asasi manusia, atau mempromosikan tata kelola perusahaan dan advokasi pemegang saham, serta reksadana yang sesuai hukum islam.

Hasil gambar untuk Reksadana Syariah: Investasi Halal?

Ada aturan tertentu yang perlu dipenuhi agar suatu data bisa disebut dana syariah:

1. Total rasio hutang terhadap aset

Investasi tidak dapat dilakukan di perusahaan yang total utangnya seperempat dari total asetnya.

2. Perusahaan yang bebas bunga

Karena hampir tidak mungkin menemukan perusahaan yang bebas bunga 100%, maka dirumuskan bahwa perusahaan yang pendapatan bunga hingga 3% dari total pendapatannya masih diperbolehkan.

3. Bisnis yang dibatasi

Reksadana syariah tidak dapat memperoleh saham dari perusahaan yang terlibat dalam jasa keuangan dengan bunga seperti bank dan perusahaan asuransi, juga perusahaan yang memproduksi minuman keras, babi, tembakau atau terlibat dalam kegiatan perjudian dan klub malam.

Meskipun reksa dana yang sesuai syariah didasarkan pada hukum islam, tetapi siapa pun dapat berinvestasi dalam dana ini meskipun ia berasal dari agama lain. Jumlah minimum yang akan diinvestasikan dalam dana syariah dapat berbeda dari perusahaan ke perusahaan.

Investasi yang sesuai dengan syariah dapat di-diversifikasi dan berkinerja setara dengan investasi konvensional. Produk-produk ini juga merupakan instrumen fleksibel yang terbuka untuk investasi di semua kelas investor, terlepas dari kepercayaan agama mereka. Produk keuangan dan reksadana syariah diharapkan dapat tumbuh dengan pesat dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *